Jumat, 11 Mei 2012

Penjernihan Air Melalui Penyaringan Sederhana


Penjernihan Air Melalui Penyaringan
Tujuan Percobaan                      :
            Melakukan percobaan penjernihan air melaui proses penyaringan sederhana dengan menggunakan bahan-bahan dari lingkungan sekitar.
Alat dan Bahan-Bahan Filter       :
ü  Ijuk
ü  Kerikil sedang
ü  Kerikil besar
ü  Pasir
ü  Botol Air Mineral ukuran 1,5-2 L
ü  Cutter/Pisau
ü  Air kotor yang akan dijernihkan
Langkah Kerja                           :
v  Bagian bawah botol dipotong dengan menggunakan pisau/cutter. Tutup botol dibuka kemudian botol dibalik. Bahan-bahan sebagai media penyaring disusun selapis demi selapis hingga memenuhi botol.
v  Tuangkan air kotor sedikit-demi sedikit  pada penyaring, tampung menggunakan gelas/wadah plastik bening. Apabila air yang dihasilkan belum begitu jernih, ulangi penyaringan hingga beberapa kali.
Susunan Filter                           :
Hasil Penyaringan                      :
            Pada penyaringan pertama, air sudah nampak jernih, jika dilihat sekilas nampak tidak berwarna, tetapi  masih berwarna kekuningan. Pada penyaringan kedua, air yang dihasilkan semakin jernih. Dan pada penyaringan-penyaringan selanjutnya, air bertambah jernih.
Kesimpulan                               :
            Dari eksperimen yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa bahan-bahan sederhana dan mudah didapatpun dapat digunakan sebagai filter air yang cukup baik. Sehingga, untuk menyaring air kotor tidak perlu menggunakan berbegai macam bahan yang berbeda dan membentuk banyak lapisan filter, yang terpenting komposisinya tepat dan bahan yang digunakan mudah dicari.
            Dalam eksperimen kami, kami menggunakan filter pasir yang cukup tebal, dapat menghasilkan air yang cukup jernih, sehingga membuktikan bahwa pasir adalah salah satu filter air yang cukup baik, yang dapat menyaring partikel halus yang terlarut pada air. Meskipun begitu, penyaringan tetap harus dilakukan secara berulang-ulang agar air yang didapat bisa semakin jernih.

Referensi                      :
Ë  Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII, BSE,Halaman 133